Tuesday, August 19, 2014

Drive Chain





Drive chain kit adalah seperangkat komponen pada sepeda motor untuk menggerakan roda belakang. Rantai Roda Set (Drive Chain Kit) terdiri dari:
1.        Rantai Roda (Drive Chain)
2.        Gir Depan (Sprocket Drive)
3.        Gir Belakang (Sprocket Driven)
Sama seperti drive belt pada kendaraan matik, Fungsi Rantai Roda (Drive Chain) adalah meneruskan daya putar mesin motor melalui gir depan & gir belakang untuk menggerakkan roda belakang, sehingga kendaraan dapat berjalan.


Adapun komponen Rantai Roda (Drive Chain) diantaranya adalah :
1.        Join Pin (Drive Chain)
2.        Pin
3.        Bush
4.        Roller
5.        Inner Link Plate
6.        Upper Link Plate
7.        Clip
Untuk memperpanjang usia pakai, drive chain perlu perawatan, adapun cara perawatan Perawatan Drive Chain adalah sebagai berikut :
1.        Membersihkan rantai dari kotoran (debu dan lumpur) secara rutin.
2.        Melumasi rantai motor secara berkala dengan menggunakan pelumas rantai. Jangan menggunakan oli bekas/solar/bensin/minyak, karena dapat melarutkan grease yang terdapat diantara pin dan bush.
3.        Memastikan rantai memiliki ketegangan yang cukup. Tidak terlalu tegang dan tidak terlalu kendur. Setelan rantai yang terlalu kencang akan memberi beban tarik yang berlebih. Dan sebaliknya jika rantai yang disetel terlalu kendur akan mengakibatkan rantai terlepas dari mata gir.
4.        Mengganti gir depan, gir belakang dan rantai roda secara bersamaan karena usia pakai dari ketiga parts tersebut adalah sama selain itu untuk menghemat biaya perawatan.
5.        Hindari melakukan akselerasi dan mengganti gigi dengan kasar karena akan memperpendek usia pakai logam rantai
6.        Jangan memotong rantai yang sudah mulur karena beresiko putus sewaktu-waktu
7.        Gunakan suku cadang asli dari sesuai dengan kendaraan yang dipakai.

No comments:

Post a Comment