Menurut fungsinya tire (Ban Luar) berfungsi untuk penerus daya mesin untuk menggerakkan sepeda motor dengan stabil.
Berdasarkan jenisnya Tire dibedakan menjadi beberapa
jenis, adapun yang kita kenal dilapangan dianataranya adalah :
1.
Tipe Metric (satuan mm)
. |
Memiliki rasio antara tinggi ban
dibandingkan dengan lebar bannya. Contoh rasio 90%, jika lebar 80mm, maka ban
tersebut memiliki tinggi ban 90% x 80mm = 71mm
2.
Tipe Imperial / Standard (satuan
inchi)
- Memiliki rasio 100% antara tinggi ban dan lebar ban.
- Menggunakan ban dalam.
3.
Tipe Tubeless
- Aplikasinya diperbolehkan tanpa menggunakan ban dalam dengan ketentuan menggunakan velg cast wheel dan menggunakan pentil khusus tubeless.
- Ban tubeless lebih aman karena bila tertusuk benda tajam saat kendaraan melaju, ban tidak akan langsung kempis.
·
|
Identifikasi Kode Ban Luar
1.
TWI (Tread Wear Indicator)
menunjukkan batas keausan yang diijinkan produsen ban untuk menjamin performa
ban dan merupakan indikator waktu mengganti ban.
2.
Kode Produksi menunjukkan minggu
(dua angka pertama) dan tahun (dua angka terakhir) pembuatan ban. Misalnya 2510
berarti diproduksi minggu ke-25 tahun 2010.
3.
Index beban menunjukkan kemampuan
tiap ban dalam menopang bobot total kendaraan.
4.
Index kecepatan menunjukkan batas
kecepatan maksimum sebuah ban dipacu selama 1 jam dengan membawa beban sesuai
spesifikasi standar.
INDEX KECEPATAN
|
INDEX BEBAN
|
|||
KODE
|
KECEPATAN
|
KODE
|
BEBAN
|
|
B
|
50 km/jam
|
30
|
106 kg
|
|
C
|
60 km/jam
|
31
|
109 kg
|
|
D
|
65 km/jam
|
32
|
118 kg
|
|
E
|
70 km/jam
|
33
|
115 kg
|
|
F
|
80 km/jam
|
38
|
132 kg
|
|
G
|
90 km/jam
|
40
|
140 kg
|
|
J
|
100 km/jam
|
41
|
145 kg
|
|
K
|
110 km/jam
|
42
|
150 kg
|
|
L
|
120 km/jam
|
43
|
155 kg
|
|
M
|
130 km/jam
|
44
|
160 kg
|
|
N
|
140 km/jam
|
45
|
165 kg
|
|
P
|
150 km/jam
|
46
|
170 kg
|
|
T
|
190 km/jam
|
47
|
175 kg
|
|
U
|
200 km/jam
|
48
|
180 kg
|
Cara Perawatan Tire:
1.
Lakukan pemeriksaan tekanan angin ban setiap 2 minggu sekali dan lakukan pada saat kondisi ban
dingin.
2.
Memeriksa
secara berkala kondisi visual ban secara keseluruhan.
o
membuang
benda-benda yang menempel pada alur ban, seperti batu kerikil, paku, besi dan
sebagainya karena akan merusak alur ban dan membuat
ban bocor.
o
Bersihkan ban yang terkena oli /
gemuk dengan air supaya anda aman saat
berkendara karena ban tidak licin.
3.
Menganti ban
luar jika telah gundul atau telah mencapai batas keausan.
No comments:
Post a Comment